Tips Jalan-jalan ke Jogja Sendirian (Travel, Hotel, Makanan, Transportasi Lokal)

Jalan-jalan di Jogja tapi duit nipis? Pengen muterin Jogja tapi gak tau arah? Tenang aja, saya punya solusi buat kalian semua. Baru-baru ini (tepatnya 2-4 Desember 2014 kemarin) saya barusan dari Jogja. Emang sih bukan murni buat urusan jalan-jalan doank, tapi lagi ada urusan kerjaan. Jogja adalah kota yang asing bagi saya yang lahir dan besar di Jawa Timur, tepatnya di kota buaya (kotanya para buaya darat, ups! Becanda. Haha) ketemuan ama ikan hiu alias ikan suro, yaitu Surabaya. Saya terakhir maen ke Jogja pas SMP dan itupun ditemenin mama. Setelah 10 tahun tak bersua, akhirnya saya punya kesempatan buat mengunjungi kota eksotis ini sekali lagi dan kali ini saya sendirian. Ke kota asing seorang diri, ini artinya saya harus nyiap-nyiapin perjalanan sendirian dengan baik biar pas disana gak keteteran. 

Pertama-tama yang saya lakuin adalah browsing cari penginapan. Tarif hotel di Jogja tergolong masih murah kalo kita bisa nyarinya. Pas kemarin itu saya nginep di salah satu hotel di Jl, Tamansiswa yang namanya Nirwana Hotel. Ada 2 tipe kamar, standar AC dan ekonomi (pake fan alias kipas angin). Kemarin saya pilih yang ekonomi, dengan fasilitas 2 bed, kipas angin, televisi, kamar mandi dalam dan breakfast (teh hangat+roti) saya dikenakan biaya sebesar 120ribu per-malam. Cukup murah untuk standar hotel yang letaknya cukup strategis di kawasan tengah kota Jogjakarta. Urusan nginep udah beres, selanjutnya adalah transportasi. Karena kereta api jurusan Pekalongan-Jogja belum dibikin dan rute bus dari Pekalongan ke Jogja cukup rumit dan memakan waktu yg cukup lama (harus oper bus di Semarang) maka saya dengan bijaksana memilih travel untuk perjalanan saya ke Jogja. Tarif travel Pekalongan-Jogja adalah sebesar 110ribu, baik pergi maupun pulang. Saya biasanya pake Permata Travel kalo Mandiri Persada Travel lg gak ada jadwal pemberangkatan yg sesuai. Naek travel emang sedikit lebih mahal dibandingkan kalo naek transportasi umum kayak bus ato kereta, tapi lebih nyaman karena kita bisa minta anter lgsg ke lokasi.

Urusan transportasi ama penginapan beres, selanjutnya adalah transportasi lokal. Gak pernah ke Jogja dan dalam keadaan seorang diri, bener-bener buta arah! Mana saya gak punya temen di Jogja, akhirnya kemana-mana saya sendirian dengan modal informasi dan duit yang minim. Sebenernya sih agak keder juga kalo mau keluar hotel, soalnya saya beneran gak tau lor-wetan-kulon-kidul dan lagipula sebagai catatan saya seorang wanita unyu-unyu yang masih dalam usia mekar (weitss berasa kembang aja, haha). Kepikiran gimana kalo misalnya saya digodain, dicolek, disenggol ato sampe diculik! Wow, alay bener. Tapi beneran lho, sapa tau aja lagi apes gitu kan jadi ketemu orang yg berniat buruk tapi berwajah ganteng kayak di ftv gitu trus dimana kita terpedaya oleh tipu muslihatnya dan terjebak dalam situasi yg tidak diinginkan. Meskipun semua ketakutan saya tentang kasus penyenggolan dan penculikan diatas tidak terbukti selama saya di Jogja, tapi kita harus selalu waspada terhadap semua situasi dan kondisi.

Urusan transportasi lokal, sepenuhnya saya percayakan ama TRANSJOGJA. Bener-bener deh, armada transportasi yang satu ini sangat membantu sekali bagi turis-turis lokal yg lagi backpacker dengan minim duit dan informasi. Dengan bermodal 3 ribu rupiah, kalian udah bisa kemana-mana seantero Jogja. Mau ke Candi Prambanan? Tinggal ke halte transjogja lagi trus nyari rute yg ke Prambanan, halte Prambanan merupakan halte paling pojok sendiri (pemberhentian paling akhir) bus transjogja yg dari arah barat ke timur. Dari halte transjogja Prambanan ke loket pintu masuk Candi Prambanan bisa ditempuh dengan dokar ato becak yg banyak ditawarin begitu kita keluar dari halte. Ada juga yang nawarin ojek, tapi kita harus nyebrang dulu dari halte biar ketemu ama tukang ojek. Tarifnya berapa saya juga kurang tau. Hehe. Pas itu saya milih jalan kaki dan emang sih agak pegel juga soalnya lumayan jauh, kira-kira butuh 20-30 menitan dari halte sampe ke loket pintu masuk. Tiket masuk ke Candi Prambanan sebesar 30 ribu buat 1 orang dewasa, kalo mau yg paketan ama Candi Bhoko kudu nambah 15 ribu lagi. Penjaga tiketnya sempet heran pas saya beli 1 tiket, soalnya biasanya yg kesana tuh rombongan. Hehe.



 Inilah akibat kalo jalan-jalan sendirian. Adanya foto selfie doank. Begimana cara tetep eksis dengan jangkauan tangan yang terbatas. haha.









Bingung mau ke Malioboro? Cari halte transjogja terdekat dari penginapan dan nanya aja ama petugasnya. Karena saya nginepnya di J. Tamansiswa, halte transjogja terdekat adanya di Jl. Kusumanegara. Jalan kaki kira-kira 10 menit dari hotel saya udah nyampe di halte dan di situ saya tgl ngomong mau kemana trus ntar petugasnya bakalan kasi tau kita harus naik bis yg mana, perlu oper ato nggak, dsb. Dari Kusumanegara ke Malioboro sebenernya butuh 3 kali oper, tapi saya milih turun di Taman Pintar (hanya butuh ambil 1 bus). Memang saya harus jalan kaki agak jauh buat sampe ke Malioboro, tapi jalan dari Taman Pintar ke Malioboro kita bakal ngelewatin objek yg gak kalah menariknya yaitu Jogja 0 km, Monumen Serangan Umum 1 Maret, Benteng Vredeburg, dan Pasar Beringharjo. Worth it! Nah pas jalan-jalan yang ini saya ada temennya. Temen ketemu di hotel. Kebetulan kita lagi sama-sama ikutan tes CPNS Kemenkeu di Jogja. Jadi ada yang fotoin deh. hehe



Ini di bawah penunjuk arah 0 km, tuh bisa diliat banyak bener wisata di Jogja.
Tinggal pilih arah.

Itu foto dengan latar Gedung Bank Indonesia yang ciamik abis arsitekturnya.
Cantik! 



Ini di depan box yang keliatan kayak box telepon umum di Inggris sono.
Keliatan kalo ini di Jogja dari tulisannya tuh "barat diruwat".
Di London mana ada tulisan kayak begitu.
Cuman di Jogja yang ada!
Oh ya disekitar situ ada badut ama prajurit Jogja yang bisa diajak foto bareng.
Bayarnya juga seikhlasnya kok, gak narget. hehe

Yang ini di depan Benteng Vredeburg.
Sayangnya pas kesana udah tutup jadinya cuman foto di depannya doank.
Kalo mau masuk datengnya sebelum jam 4 sore yak. 

Monumen Serangan Umum 11 Maret.

Masalah makanan, di Jogja harga makanan termasuk standar (gak murah-murah amat dan gak mahal-mahal amat). Saya beli nasi telur penyet ama teh anget habis 11 ribu. Lotek 13 ribu. Nasi goreng 9 ribu. Gado-gado 11 ribu. Mie ayam 8 ribu. Bakso 10 ribu. Ya pokoknya harganya standar lah. Tapi jangan beli di tempat wisata lho ya. Biasanya harganya luar biasa gak normal. Tapi saya juga gak tau sih soalnya kemarin saya gak beli apa-apa di lokasi wisata, udah ngeri duluan soalnya. Takut dompet terkuras. Hehe.

Satu yang harus diingat bagi kalian yg jalan-jalan sendirian adalah: JANGAN KELIATAN BINGUNG! Meskipun kalian dalam kondisi gak tau, usahakan tetap tenang dan jangan keliatan gugup ato bingung karena itu akan mengundang niat gak baik dr orang. Secara, sendirian trus keliatan bingung berarti keliatan kalo kalian bukan orang situ dan bisa dimanfaatkan misal masalah duit. Karena keliatan gak tau, naek becak jd dimahalin, makanan juga dimahalin ato ntar pas nanya alamat disasarin. Trus juga yang gak kalah penting adalah baju yang kalian pake. Jangan keliatan berlebihan, apalagi sampe kaliatan kayak turis lokal (misal pake kacamata item ama topi pantai). Mendingan aksesoris yg kayak gitu disimpen dulu di tas dan dipake kalo udah nyampe di tempat wisata. Semakin normal dandanan kalian bakalan semakin aman, karena mereka akan anggap kita adalah warga lokal. Biasanya untuk urusan dandanan, saya pake dandanan ala anak kuliah yg mau ngampus. Ini ampuh banget, karena gak bakalan mencolok walaupun kita bawa tas besar. Hehe.

Nah, itu dulu yang bisa saya share soal pengalaman saya jalan-jalan sendirian di kota gudeg Jogjakarta. Kapan-kapan lagi kalo ada pengalaman baru bakalan saya share lagi disini. Buat yang mau nanya kontak Hotel dan Travel bisa ninggalin komen kalian dibawah sini. Thank you for enjoying my post! See you ^^