Pengalaman dan Tips Lolos Tes Kompetensi Dasar (TKD) CPNS. Lengkap Dengan Materi, Contoh Soal dan Simulasi TKD Berbasis CAT!

Di tulisan saya sebelumnya saya udah menjabarkan proses tahapan Tes CPNS. Nah, kali ini saya akan mengkhususkan diri untuk membahas salah satu tahapan tes yang cukup sulit untuk dilalui, yaitu Tes Kompetensi Dasar atau yang biasa disingkat menjadi TKD. Tes Kompetensi Dasar (TKD) merupakan Tes untuk mengetahui kemampuan para Calon CPNS yang udah lolos seleksi Administrasi dalam 3 bidang pengetahuan yaitu, Wawasan Kebangsaan, Intelegensi Umum dan Karakteristik Pribadi. Berikut ini adalah lingkup dari masing-masing Bidang TKD (saya kutip dari Peraturan Kepala Badan Kepegawaian Negara Nomor 9 Tahun 2012 tentang Pedoman Pelaksanaan Pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil) :

Tes Wawasan Kebangsaan digunakan untuk mengukur pengetahuan dan kemampuan peserta ujian CPNS tentang implementasi nilai-nilai 4 (empat) Pilar Kebangsaan Indonesia yang meliputi :
  • Pancasila;
  • Undang Undang Dasar 1945;
  • Bhineka Tunggal Ika; dan
  • Negara Kesatuan Republik Indonesia (sistem tata negara Indonesia, baik pada pemerintah pusat maupun pemerintah daerah, sejarah perjuangan bangsa, peranan Bangsa Indonesia dalam tatanan regional maupun global, kemampuan berbahasa indonesia secara baik dan benar).

Tes Intelegensi Umum dimaksudkan untuk menilai :

  • Kemampuan verbal yaitu kemampuan menyampaikan informasi secara lisan maupun tertulis;
  • Kemampuan numerik yaitu kemampuan melakukan operasi perhitungan angka dan melihat hubungan diantara angka-angka;
  • Kemampuan berpikir logis yaitu kemampuan melakukan penalaran secara runtut dan sistematis; dan
  • Kemampuan berpikir analitis yaitu kemampuan mengurai suatu permasalahan secara sistematik.

Tes Karakteristik Pribadi untuk menilai:
  • Integritas diri;
  • Semangat berprestasi;
  • Orientasi pada pelayanan;
  • Kemampuan beradaptasi;
  • Kemampuan mengendalikan diri;
  • Kemampuan bekerja mandiri dan tuntas;
  • Kemauan dan kemampuan belajar berkelanjutan;
  • Kemampuan bekerja sama dalam kelompok;
  • Kemampuan menggerakkan dan mengkoordinir orang lain;
  • Orientasi kepada orang lain; dan
  • Kreativitas dan inovasi.


Untuk menyelesaikan TKD kita diberikan waktu selama 90 menit untuk menyelesaikan 100 soal dengan rincian 25 soal Tes Wawasan Kebangsaan, 25 soal Tes Intelegensi Umum, dan 50 soal Tes Karakteristik Pribadi. Dengan waktu dan jumlah soal yang demikian, tentunya skill dalam membaca mempunyai peran penting dalam menentukan apakah Anda bisa menyelesaikan soal tersebut dengan baik. Pengalaman saya, ada banyak soal yang deskripsinya panjang. Jadi, latihlah skill membaca kalian untuk bisa menangkap jawaban yang diminta oleh soal tersebut tanpa harus mengulang-ulang membaca soal. Masing-masing komponen TKD memiliki passing grade yang harus dilewati semua peserta untuk bisa lolos ke dalam tahap selanjutnya. Masing-masing passing grade ini berubah setiap tahunnya (tambah tinggi pastinya) dan perubahan ini tercantum dalam peraturan resmi.

Intinya untuk bisa lolos TKD adalah kalian harus lolos nilai minimal untuk masing-masing bidang TKD dan untuk skor totalnya usahakan dapet nilai setinggi-tingginya!! Jangan kira kalo udah lolos passing grade masing-masing bidang kalian udah dalam posisi pasti lolos. Adanya peraturan pembatasan kuota menyebabkan persaingan menjadi semakin tinggi. Saya kasih contoh ya. Misalnya jurusan saya, Administrasi Negara. Formasi untuk Administrasi Negara Rekrutmen CPNS Kemenkeu Tahun Anggaran 2014 adalah sebanyak 11 orang. Iya, hanya 11 orang di seluruh Indonesia. Dan sesuai dengan peraturan bahwa setiap jumlah formasi yang lebih dari 10 orang, maka kuota peserta yang lolos TKD dan berhak mengikuti tahapan tes selanjutnya adalah sebanyak 3 kali formasi. Artinya, mahasiswa lulusan Administrasi Negara yang daftar di Kemenkeu Tahun 2014 dan lolos TKD serta berhak mengikuti Psikotest adalah sebanyak 33 orang saja. Padahal yang lolos passing grade ada 253 orang. Which means, setelah dilakukan perangkingan, yang berhak lolos ke tahap berikutnya adalah penyandang rangking 1-33. Yang lainnya? Tersisih walaupun nilai mereka memenuhi passing grade

Nilai TKD bisa langsung kalian ketahui pas kalian selese tes dan mengisi kuosioner. Sejam kemudian kalian langsung bisa liat rangking kelas yang ditempel di depan Gedung. Waktu itu saya tes di Gedung Keuangan Yogyakarta di Jalan Kusumanegara No 11, Yogya. Saya menghimbau bagi kalian yang punya cita-cita jadi PNS, belajarlah sebaik-baiknya. Siapkan semuanya dengan baik, karena ini salah satu tes yang menentukan. Pas mau TKD, saya belajar siang-malem (sampe di tempat kerja pun bawa materi, tidur berbantal materi, makan sambil pegang materi) selama kurang lebih 2 minggu sebelum ujian. Tidak ada perjuangan yang sia-sia, setiap kerja keras pasti berbuah manis. Saya pribadi lebih menekankan belajar materi Wawasan Kebangsaan karena menurut saya itu yang paling susah karena jawabannya ajeg.

Buat referensi, saya akan membagikan beberapa link yang bisa kalian akses untuk mendownload materi, contoh soal dan simulasi TKD berbasis CAT.

Materi TKD

Contoh soal TKD

Simulasi TKD berbasis CAT

Saya pribadi lebih suka untuk belajar materi kemudian langsung mencoba simulasi untuk mengukur sejauh mana hasil belajar saya. Di simulasi TKD tersebut kita juga akan langsung mengetahui skor kita kok. Materi sebagai bahan belajar dan simulasi TKD berfungsi sebagai evaluasi hasil belajar kita. Perfecto bukan?! Tapi ada juga yang lebih suka belajar contoh soal. Ya namanya manusia, pasti beda-beda karakternya dalam belajar. Saya pribadi kurang suka belajar contoh soal karena justru akan membatasi kita dalam belajar, kita akan terfokus pada tipe-tipe soal yang biasa kita baca dan malah akan menyesatkan lagi kalo misalnya contoh soalnya gak ada yang sama ama soal-soal TKD sesungguhnya. Sejauh ini sih, yang saya tahu (hasil perbincangan dengan para peserta tes) kebanyakan yang belajar contoh soal malah gagal masuk. Mereka bilang soalnya banyak yang gak sesuai ama contoh soal yang mereka pelajari, paling banyak 1-2 soal aja yang keluar. Selebihnya, bener-bener di luar dugaan. Maka dari itu saya lebih menyarankan semuanya untuk belajar materi dan memperkaya wawasan supaya siap menghadapi tipe soal yang seperti apapun.


Ini sekilas tampilan simulasi TKD berbasis CAT.
Kurang lebih sama untuk tampilannya dengan TKD yang asli.
Sebelum mulai tes TKD, nanti kalian akan diputarkan video tentang bagaimana teknis dari tesnya.
Jadi jangan kuatir gak paham caranya.

Sekian dulu dari saya. Selamat belajar dan Ganbatte Kudasai!!! ^^

Update 2019: Kalian bisa menggunakan Simulasi CAT di website resmi BKN lho. Cobain deh!

Comments

Ridwan said…
KISAH CERITA SUKSES SAYA JADI PNS

Assalamu Alaikum wr-wb, mohon maaf sebelum'nya saya ingin mempublikasikan KISAH KESUKSESAN saya menjadi seorang PNS, saya ingin berbagi kesuksesan keseluruh pegawai honorer di instansi Pemerintan Manapun, saya sudah 7 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 2 kali mengikuti ujian, namun hasil'nya Nol bahkan saya sempat putus asah setelah dapat hasil ujian hasil'nya nol,singkat cerita pada suatu hari tempat saya honor mendapat tamu istimewa dari salah seorang pejabat tinggi dari kantor BKN pusat karena saya sendiri mendapat penghargaan pengawai honorer teladan, disinilah awal perkenalan saya dengan beliau, dan secara kebetulan beliau menitipkan nomor hp pribadinya 0853-2174-0123 dan 3 bln kemudian saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui email, 2 bulan kemudian saya sudah ada panggilan untuk pengambilan SK saya, alhamdulillah berkat bantuan beliau saya pun bisa lulus dan SK saya akhirnya bisa keluar, dan saya sangat berterimah kasih ke pada beliau dan sudah mau membantu saya, itu adalah kisah nyata dari saya, muda mudahan anggota honor yang lain bisa seperti saya amin....amin, dan sekali lagi terima kasih kpd Bpk DR. HERMAN. M.SI direktur aparatur sipil negara di bkn pusat semoga sukses selalu pak herman dan di beri umur panjang. Wassalam.......

Popular Posts