Pengalaman Dan Tips Lolos Rekrutmen CPNS Kementerian Keuangan Part III (Lengkap Dengan Materi Psikotes)

Sudah menyimak tulisan saya dari awal dan ingin tahu kelanjutannya? Mari kita melanjutkan PR yang tertunda. Hehe. Terakhir kali saya membahas tentang Tes Kompetensi Dasar atau TKD. Sekarang saya akan membahas tahapan yang keenam dalam rangkaian Tes CPNS Kemenkeu.

Tahap keenam, Psikotes.

Setelah mendapatkan pengumuman dan alhamdulillah saya lolos TKD dengan nilai yang cukup memuaskan (cieeeee, ehem) tahapan selanjutnya yang harus jalani adalah Psikotest. Jadwal Psikotest ini muncul berbarengan dengan pengumuman hasil TKD. Disini akan langsung dibagi jadwal dan tempat untuk Psikotes bagi yang lolos TKD. Saya mendapat jadwal psikotes hari Kamis, 6 November 2014 di Gedung Keuangan Negara Yogyakarta. Pelaksanaan Psikotes untuk hari Senin-Kamis adalah pukul 07.30 s/d 14.00, dan khusus hari Jumat dimulai pukul 07.30 s/d 15.00 (estimasi waktu terpotong 1 jam untuk Sholat Jumat). Bayangkan sodara, waktu selama itu untuk mengerjakan soal-soal psikotes yang dikenal melelahkan otak. Ada berapa soal? Banyak. Jangan kuatir. Hihi.

Buat yang udah pernah kerja atau pernah ikutan psikotest kalian udah pasti pernah denger dan pernah ngerjain yang namanya tes Draw A Man, Wartegg, Pauli, dan tes lain yang sebangsa dan setanah air dengan mereka. Kalo bagi kalian yang masih baru lulus kuliah, minimal kalian pernah ikutan Tes Potensi Akademik (TPA). Tes ini gak jauh beda dengan yang pernah kalian temui kok. Diantaranya ada sinonim, anonim, tes gambar, silogisme, hitung-menghitung, wartegg, pauli, draw a man.

Waktu yang diberikan untuk masing-masing tes beragam, Ada yang waktu penyelesaiannya 3 menit, 5 menit, 7 menit, 9 menit dan ada yang waktunya tidak saya ketahui jelasnya karena cuma ditandai dengan ketukan. Diantara tes-tes tersebut, akan diberikan waktu untuk istirahat sejenak selama 5 menit untuk minum, ke kamar mandi atau makan (waktu itu saya lebih milih makan coklat untuk menjaga mood, mengingat rangkaian tes yang panjang). Selain itu juga kita diberikan waktu istirahat selama 30 menit untuk ISHOMA. Setelah ISHOMA kalian akan menghadapi tes yang melelahkan sepanjang sejarah psikotes yaitu PAULI TEST! Lenturkan jarimu, jaga moodmu untuk tes ini. Supaya bisa melaksanakan tes ini dengan baik kuncinya adalah konsisten. Menurut saya lebih baik menjaga kecepatan agar konsisten daripada kalian cepat di awal namun lambat di akhir, karena tes ini ditujukan untuk mengetahui ketahanan Anda terhadap tekanan.

Berikut ini saya bagikan link yang sekiranya bisa membantu kalian. Cekidot!



Selain materi, saya juga ingin menbagikan beberapa tips bagi kalian untuk menghadapi Psikotes:

1. Jaga kondisi badan.
Sangat penting bagi kalian untuk menjaga kondisi badan saat psikotes, karena tes ini sangat menguras tenaga dan pikiran. Jadi, kalo tubuh kalian tidak dalam kondisi fit pasti kalian tidak akan maksimal dalam mengerjakan semua soal.

2. Dengarkan instruksi.
Berbeda dengan tes lain yang biasanya lebih enak duduk di belakang, kalo waktu psikotes yang diuntungkan adalah mereka yang duduk di depan. Psikotes erat kaitannya dengan pemberian instruksi, jadi yang duduk di depan akan lebih mudah menyerap instruksi. Jangan sekali-sekali meremehkan pemberian instruksi. Meskipun kalian sudah pernah mengikuti model tes yang sama tapi jangan sekali-kali kalian meremehkan dengan tidak mendengarkan instruksi, karena pada saat kalian sudah menyatakan paham dengan tidak melontarkan pertanyaan ketika instruksi diberikan maka saat itu kalian sudah dilarang bertanya walaupun tidak memahami instruksi.

3. Datang tepat waktu.
Datang tepat waktu, maksimal setengah jam sebelum tes dilaksanakan akan membantu kalian tetap tenang dalam menghadapi tes.

4. Sarapan pagi
Sebelum masuk ke dalam gedung, sempatkanlah untuk sarapan pagi. Sarapan membantu kalian untuk fokus dalam mengerjakan rangkaian tes yang panjang. Sarapan juga membantu menjaga stamina kalian.

5. Bawa makan siang.
Saat ISHOMA kalian tidak diperbolehkan meninggalkan gedung, jadi alangkah baiknya kalau kalian sudah menyiapkan makanan untuk makan siang (informasi ini juga diumumkan di dalam pengumuman resmi).

6. Bawa alat sholat sendiri.
Di masjid memang ada mukenah dan kalian juga bisa meminjam dari teman, namun saran saya sebaiknya kalian bawa alat sholat sendiri agar tidak membuang waktu.

7. Bawa coklat atau makanan manis lain.
Ini sih saran pribadi saya, karena pasti akan melelahkan mengerjakan rangkaian tes yang panjang, Saat jeda 5 menit ada baiknya kalian makan makanan yang manis untuk membantu menaikkan mood kalian untuk mengerjakan tes yang selanjutnya. Kalo saya, coklat adalah jawabannya! hehe.

Itu tips-tips dari saya, semoga bisa membantu ya. Oiya, untuk kriteria lolos psikotes saya juga kurang tau seperti apa. Namun yang pasti, Kemenkeu memiliki kriteria tersendiri untuk para calon pegawainya. Menurut saya pribadi, nilai-nilai seperti integritas, dinamis, memiliki kemauan untuk belajar, bekerja keras, mampu bekerja di dalam tekanan merupakan beberapa syarat untuk menjadi pegawai Kemenkeu. Jadi, pastikan bahwa kalian memiliki itu semua dan hal tsb tercermin di dalam psikotes kalian. Goodluck! See you on my next post. ^^

Comments

Ridwan said…
KISAH CERITA SUKSES SAYA JADI PNS

Assalamu Alaikum wr-wb, mohon maaf sebelum'nya saya ingin mempublikasikan KISAH KESUKSESAN saya menjadi seorang PNS, saya ingin berbagi kesuksesan keseluruh pegawai honorer di instansi Pemerintan Manapun, saya sudah 7 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 2 kali mengikuti ujian, namun hasil'nya Nol bahkan saya sempat putus asah setelah dapat hasil ujian hasil'nya nol,singkat cerita pada suatu hari tempat saya honor mendapat tamu istimewa dari salah seorang pejabat tinggi dari kantor BKN pusat karena saya sendiri mendapat penghargaan pengawai honorer teladan, disinilah awal perkenalan saya dengan beliau, dan secara kebetulan beliau menitipkan nomor hp pribadinya 0853-2174-0123 dan 3 bln kemudian saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui email, 2 bulan kemudian saya sudah ada panggilan untuk pengambilan SK saya, alhamdulillah berkat bantuan beliau saya pun bisa lulus dan SK saya akhirnya bisa keluar, dan saya sangat berterimah kasih ke pada beliau dan sudah mau membantu saya, itu adalah kisah nyata dari saya, muda mudahan anggota honor yang lain bisa seperti saya amin....amin, dan sekali lagi terima kasih kpd Bpk DR. HERMAN. M.SI direktur aparatur sipil negara di bkn pusat semoga sukses selalu pak herman dan di beri umur panjang. Wassalam.......