Tips Menyiapkan Keperluan Bayi Baru Lahir (Panduan Calon Ibu Baru)

Bingung menyiapkan keperluan bayi yang baru lahir?

Hmmmm, kayaknya calon ibu baru selalu ada sindrom kayak gitu deh. Termasuk saya, hehe.

Googling di internet setiap hari, nyari review toko perlengkapan bayi yang recommended, blusak blusuk ke forum Ibu hamil, ngunjungin blog orang, keluar masuk olshop buat bandingin harga, kegiatannya nggak jauh-jauh dari itu. Mulai dari ketauan hamil, saya udah rajin berselancar di dunia maya untuk nyari perlengkapan bayi yang bagus tapi harga miring.

Pertama-tama yang saya lakukan adalah membuat list barang yang dibutuhkan, hal ini penting sebagai panduan belanja. Banyak-banyak nanya sama mama dan temen kantor yang udah pengalaman punya baby. Karena sepengalaman saya, pertama kali baca blog yang menuliskan keperluan lahiran malah jadinya berasa berat dan ribet. Kok habisnya sampe berjeti-jeti? Banyak bener! Dibutuhin semua nggak sih, kepake nggak ya. Nah, dari situ saya lebih memilih untuk membuat list sendiri setelah mendengar kisah nyata pengalaman mama dan temen kantor. Hal ini juga mencegah supaya nggak kebanyakan belinya atau mubadzir karena nggak kepake.

Langkah kedua, mulai berbelanja dengan tetap menggunakan skala prioritas. Misalkan, belanja step 1 dimulai dari pakaian bayi sehari-hari. Selama seminggu, fokus hunting baju-baju bayi yang diperlukan.  Setelah selesai dengan baju bayi, mulai lagi belanja step 2 (misalkan perlengkapan tidur bayi) dan lanjutkan lagi sesuai dengan temanya, perlengkapan mandi, perlengkapan untuk ibu, perlengkapan menyusui, mainan bayi, dll. Belanja dengan step-step seperti ini membantu kita untuk lebih santai dalam mempersiapkan kelahiran sehingga tidak menimbulkan tekanan dan bikin ibunya stres. Jujur saja, waktu awal-awal mempersiapkan kelahiran anak pertama ini saya sempat stres karena merasa banyak sekali kebutuhannya yg harus dibeli. Udah nyicil-nyicil masih adaaa aja yang kurang. Maklum, keperluan bayi sedikit tapi itemnya banyak. Hehe. Keuntungan lain belanja secara nyicil adalah kita tidak merasa berat ketika mengeluarkan dana. Belanja baju habis 500ribu, besok lagi belanja perlengkapan tidur bayi habis 500ribu, bulan depannya belanja perlengkapan mandi habis 500ribu lagi. Lumayan, daripada beli langsung habis 1,5 juta. Tapi bisa juga langsung beli pas inget, biar sekalian keluar ke toko atau sekalian ongkirnya kalo beli online. Nanti dicatet lagi, biar tau yg masih belum kebeli apa aja.


Kaos kaki Carter 0-12m cuma 40ribu/6pcs, beli di olshop
(pernah beli di toko yg katanya murmer menurut ibu-ibu di forum, 30ribu/3 pcs untung cm beli 3 doank)

Jumper Set Carter ukuran 9m cuma 75ribu/5 pcs, lagi-lagi olshop


Langkah ketiga, belanja sesuai dengan budget. Belanjalah dengan bijak, jangan ikuti keinginan. Memang kita sebagai orangtua inginnya yang terbaik untuk anak, tapi ingat lagi kalo belanja untuk bayi itu beda dengan belanja untuk diri kita. Misal kita beli baju yang harganya 250ribu, itu bakalan kepakenya lama karena badan kita nggak numbuh-numbuh lagi (mungkin numbuh kesamping sih, hihi). Beda sama bayi yang pertumbuhannya cepet banget. Beli baju untuk newborn, kepake paling 2-3 bulan doank habis itu beli lagi. Maka dari itu alangkah lebih bijak jika kita membeli sesuai dengan kebutuhan yang sudah diperkirakan, jangan beli lagi kalo udah punya gara-gara lucu! Ini nih, sindromnya emak-emak yang baru mau punya baby. Udah selese belanja baju bayi, ke baby shop mau beli bak mandi, handuk, ama peralatan mandi bayi ehhh keluar-keluar bawa lagi deh tuh baju bayi yang 1 set ama topi (misalkan). Ini lah yg bisa membuat pengeluaran membengkak. Padahal seperti yang kita tahu, kebutuhan bayi tidak hanya itu saja. Ada biaya persalinan yg harus dipikirkan, biaya syukuran kelahiran, aqiqoh, dll.

Sarung Tangan+Kaki, saya beli di olshop 22ribu/6 pcs

Saya dulu mulai belanja, pas usia kehamilan mau masuk 7 bulan.  Tapi pas itu karena kebetulan aja ada expo, jadi saya beli-beli tapi bukan beli baju (kata orang jawa sih pamali beli baju sebelum 7 bulan). Melainkan beli barang-barang yg harganya agak lumayan. Misalnya baby hip seat, waktu itu saya beli merk Mom’s Baby cuman 121ribu doank. Padahal baby hip seat di harga normal bisa lebih dari 200ribu. Hehe. Selain itu saya juga beli tas untuk tempat popok yg bentuk ransel, seharga 145ribu. Harga normalnya juga lebih dari 200ribu. Trus beli gendongan samping, 99ribu. Beli kasur dan bantal peyang+kelambu seharga 195ribu. Padahal kalo beli harga normal, satu set begitu bisa nyampe 250ribuan. Beli dot bayi avent natural 165ribu dapet 3 (ukuran 260 ml), yg harga olshop-nya bisa nyampe 75-85ribu per botol (hemat banyak, hehe). Ini  lah keuntungan kalo pas ada expo, bisa dapet harga diskon yang beneran. Tapi jangan sampe khilaf belinya. Hehe.



Matras Set, bagian belakangnya anti air
Jadi bisa dipake kalo pas habis mandi






Nah sekian dulu postingan saya kali ini, sampai jumpa di postingan berikutnya
. Ditunggu ya! See you moms ^_^

Comments