Pengalaman dan Tips Lolos Rekrutmen CPNS Kementerian Keuangan (lengkap dengan tahapannya!)

Hai hai ketemu lagi nih. Hehe. Maaf lama gak nulis, soalnya lagi ribet ama urusan kerjaan. Pas ada kesempatan nulis lagi saya mau share pengalaman ke temen-temen yang pengen jadi CPNS. Nah lho, kok pengen share soal CPNS? Bukannya ente kerja di pabrik? Hehe. Ya begitulah sodara setanah air, Alhamdulillah saya udah ketrima menjadi CPNS di Kementerian Keuangan untuk Tahun Anggaran 2014. Sebuah perjuangan yang tentunya menguji niat untuk menjadi abdi Negara, yang membutuhkan banyak usaha, pengorbanan dan doa dari orang banyak.

Menjadi PNS adalah merupakan cita-cita dari sebagian besar orang dan ini bikin banyak temen yang nanya ke saya tentang kok bisa saya lulus CPNS Kementerian? Mungkin mengingat saya lulus kuliah biasa aja, gak cum laude, cengengesan, pokoknya biasa aja kalo dibandingin temen-temen kuliah saya yg laen tapi kok bisa tembus CPNS Kementerian. Nah, berdasarkan hal tersebut  akhirnya saya kepikiran untuk share ini di blog. Berikut ini saya bakal jabarin pengalaman saya waktu ikutan tes CPNS kemarin. Saya bakal kasih tau sama kalian tentang tahapan dan tips buat lolos CPNS, khususnya untuk Kementerian Keuangan. Simak baik-baik ya. ^^

Sebelum masuk lebih dalam, saya pengen kenalin dulu tahapan-tahapan yang saya lalui waktu ikutan tes CPNS kemarin.  Mulai dari awal ya. Sesuai dengan peraturan rekrutmen CPNS tahun 2014 yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi atau yang disingkat menjadi MENPAN-RB, bahwa setiap Warga Negara Indonesia yang udah punya KTP dan memenuhi kualifikasi boleh mendaftar jadi CPNS dan memilih satu Instansi. Ingat ya, SATU INSTANSI. Jadi, sebelum kalian melamar pikir baik-baik mau melamar di Instansi mana, pusat atau daerah. Tapi juga jangan kelamaan mikirnya keburu tutup pendaftarannya. Di Instansi tersebut kalian bisa pilih maksimal 3 formasi, jadi sebelum milih instansi ada baiknya kalian tau dulu formasi apa aja yang dibutuhkan. Saran saya sih pilih formasi yang sesuai ama jurusan dan yang jumlahnya paling banyak. Soalnya kalo pilih formasi yang semua jurusan bakalan banyak saingannya. Liat formasi dan nama instansi yang buka lowongan CPNS disini.

Tahap pertama, daftar di web panselnas menggunakan nomor KTP.
Disini kalian akan diminta melakukan registrasi dan mengisi data diri kalian. Kalian juga akan diminta memilih satu Instansi pemerintah yang akan kalian lamar. Waktu tahu kalo ada pendaftaran CPNS saya udah siap-siap buat daftar dan gak kelamaan mikir saya langsung pilih Kemenkeu. Kemenkeu merupakan salah satu Kementerian yang paling banyak membuka formasi CPNS di Tahun 2013 dan Tahun 2014 dan pendaftarannya buka duluan serta paling lama. Tapi jangan mentang-mentang lama trus leha-leha, soalnya ada juga temen saya yang akhirnya gak bisa daftar karena pas mau daftar di hari-hari menjelang akhir eh malah servernya rusak. Makanya buat yang udah mantep, langsung aja daftar yak. Kurang lebihnya untuk proses pendaftaran online seperti ini alurnya.


Kurang lebih tampilan web panselnas kayak gini ini lho.

Tahap kedua, daftar di web Kemenkeu.
Disini kalian akan diminta ngisi data diri kalian, mulai dari nama, alamat, tempat dan tanggal lahir, riwayat pendidikan, dan lain-lain. Ingat! Penting bagi kalian untuk mengisi data secara benar dan akurat karena data ini adalah data yang bakal kalian pake seterusnya. Jadi, jangan sampai mengisikan data yang salah ya. Oiya, di Kemenkeu kita tidak perlu mengirimkan berkas lewat pos, semuanya dilakukan secara oline. Siapkan scan foto, KTP dan ijazah dalam bentuk jpeg. Sebelum mengunggah, ada baiknya kalian resize data kalian sekecil mungkin supaya lebih mudah dan cepat saat upload. Disini nanti kalian disuruh milih formasi dan kota buat kalian ngikutin tes. Kota-kota yang menyelenggarakan Tes Rekrutmen CPNS Kemenkeu adalah Batam, Medan, Jakarta,  Semarang, Yogyakarta, Surabaya dan Makassar. Tapi kalo untuk S1 (berdasarkan pengalaman saya) hanya bisa milih antara Medan, Jakarta, Yogyakarta, Surabaya, dan Makassar. Jadi, pilihlah yang paling deket ama rumah biar ongkosnya irit. Hehe. Kalo udah ngisi secara lengkap, kalian cetak Tanda Bukti Pendaftaran Online dan simpan baik-baik, soalnya ini bakalan dipake buat ngambil Tanda Peserta Ujian kalo misalnya kalian lolos Seleksi Administrasi.





Tahap ketiga, seleksi administrasi.
Di tahap ini kalian hanya tinggal mantengin web rekrutmenKemenkeu, pastikan kalian selalu check web yang satu ini. Karena semua pengumuman tentang rekrutmen pegawai baru Kemenkeu ada disini. Seinget saya, jarak antara daftar online ama pengumuman seleksi administrasi sekitar 2 minggu setelah pendaftaran resmi ditutup. Jadi siap-siap cari nama kalian diantara bejibun pelamar yang lolos seleksi administrasi (pake ctrl + f). Di tahap ini, menurut saya,  yang menentukan seseorang lolos atau tidak adalah tinggi Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) dan juga kelengkapan data pada saat kalian daftar online.Pengumuman lolos seleksi administrasi dibarengin ama pengumuman jadwal ambil Tanda Peserta Ujian (TPU). Nah disini saya mau ingetin, kalo liat pengumuman jangan lupa liat lampirannya juga. Jangan sampe kelewat.


Tuh contoh tampilan pengumumannya, dibawahnya ada lampiran kan?
Nah kalian jangan lupa kalo mau download sekalian download lampirannya yak.


Enaknya kalo di Kemenkeu jadwal tahapan tes selanjutnya udah langsung dikasih tau, jadi ada kepastian. Di tahap seleksi administrasi kalian udah bisa langsung tau kapan harus liat jadwal dan lokasi Tes Kompetensi Dasar. Nah, sampe sini dulu tulisan saya. Tahapan selanjutnya bersambung, biar gak kepanjangan. Hehe. See you! ^^