Pengalaman dan Tips Lolos Rekrutmen CPNS Kementerian Keuangan Part II

Hola! Yuk lanjutin tahapan Rekrutmen CPNS Kemenkeu yang sebelumnya udah saya posting. Mari kita bahas tahapan selanjutnya. Cekidot!

Tahap Keempat, Pengambilan Tanda Peserta Ujian.


Di tahap ini  kalian diharuskan datang ke Gedung Keuangan yang telah ditunjuk (biasanya sesuai dengan kota ujian yang kalian pilih pas pendaftaran online) untuk ngantri dan ngambil Kartu Peserta Ujian. Pas ngambil TPU kalian diharuskan menunjukkan Tanda Bukti Pendaftaran Online, Ijazah Asli, Transkrip Asli, Kartu Identitas Diri (KTP/SIM yang masih berlaku) dan menyerahkan foto 4x6 (dua lembar). Setelah menunjukkan dan menyerahkan dokumen tadi kalian akan dikasih Lembar TPU yang bakal kepake terus selama kalian mengikuti proses Rekrutmen Kemenkeu. Jadi, disimpan baik-baik ya TPU-nya. Trus habis itu ngapain lagi? Udah, itu doang. Ambil nomer trus pulang deh. Hehe. Pengambilan TPU dibagi jadi beberapa hari dan beberapa sesi serta beberapa meja. Jangan sampe keliru liat ya. Informasi ini bakalan kalian dapet di Lampiran yang kalian unduh pada waktu pengumuman Seleksi Administrasi dan Jadwal Pengambilan TPU. 

Contoh pengumuman pengambilan TPU.

Tahap Kelima, Tes Kompetensi Dasar.

Tes Kompetensi Dasar (TKD) merupakan Tes untuk mengetahui kemampuan para Calon CPNS yang udah lolos seleksi Administrasi dalam 3 bidang pengetahuan yaitu, Wawasan Kebangsaan, Intelegensi Umum dan Karakteristik Pribadi. Berikut ini adalah lingkup dari masing-masing Bidang TKD (saya kutip dari Peraturan Kepala Badan Kepegawaian Negara Nomor 9 Tahun 2012 tentang Pedoman Pelaksanaan Pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil) :

Tes Wawasan Kebangsaan digunakan untuk mengukur pengetahuan dan kemampuan peserta ujian CPNS tentang implementasi nilai-nilai 4 (empat) Pilar Kebangsaan Indonesia yang meliputi :
  • Pancasila;
  • Undang Undang Dasar 1945;
  • Bhineka Tunggal Ika; dan
  • Negara Kesatuan Republik Indonesia (sistem tata negara Indonesia, baik pada pemerintah pusat maupun pemerintah daerah, sejarah perjuangan bangsa, peranan Bangsa Indonesia dalam tatanan regional maupun global, kemampuan berbahasa indonesia secara baik dan benar).

Tes Intelegensi Umum dimaksudkan untuk menilai :

  • Kemampuan verbal yaitu kemampuan menyampaikan informasi secara lisan maupun tertulis;
  • Kemampuan numerik yaitu kemampuan melakukan operasi perhitungan angka dan melihat hubungan diantara angka-angka;
  • Kemampuan berpikir logis yaitu kemampuan melakukan penalaran secara runtut dan sistematis; dan
  • Kemampuan berpikir analitis yaitu kemampuan mengurai suatu permasalahan secara sistematik.


Tes Karakteristik Pribadi untuk menilai:
  • Integritas diri;
  • Semangat berprestasi;
  • Orientasi pada pelayanan;
  • Kemampuan beradaptasi;
  • Kemampuan mengendalikan diri;
  • Kemampuan bekerja mandiri dan tuntas;
  • Kemauan dan kemampuan belajar berkelanjutan;
  • Kemampuan bekerja sama dalam kelompok;
  • Kemampuan menggerakkan dan mengkoordinir orang lain;
  • Orientasi kepada orang lain; dan
  • Kreativitas dan inovasi.



Untuk menyelesaikan TKD kita diberikan waktu selama 90 menit untuk menyelesaikan 100 soal dengan rincian 25 soal Tes Wawasan Kebangsaan, 25 soal Tes Intelegensi Umum, dan 50 soal Tes Karakteristik Pribadi. Masing-masing komponen TKD memiliki passing grade yang harus dilewati semua peserta untuk bisa lolos ke dalam tahap selanjutnya. Masing-masing passing grade ini berubah setiap tahunnya (tambah tinggi pastinya) dan perubahan ini tercantum dalam peraturan resmi.


Ini adalah pengumuman lolos TKD Rekrutmen CPNS Tahun 2014.
Bisa diliat passing grade masing-masing bidang dan kuota lolosnya kan.

Intinya untuk bisa lolos TKD adalah kalian harus lolos nilai minimal untuk masing-masing bidang TKD dan untuk skor totalnya usahakan dapet nilai setinggi-tingginya!! Jangan kira kalo udah lolos passing grade masing-masing bidang kalian udah dalam posisi pasti lolos. Adanya peraturan pembatasan kuota menyebabkan persaingan menjadi semakin tinggi. Saya kasih contoh ya. Misalnya jurusan saya, Administrasi Negara. Formasi untuk Administrasi Negara Rekrutmen CPNS Kemenkeu Tahun Anggaran 2014 adalah sebanyak 11 orang. Iya, hanya 11 orang di seluruh Indonesia. Dan sesuai dengan peraturan bahwa setiap jumlah formasi yang lebih dari 10 orang, maka kuota peserta yang lolos TKD dan berhak mengikuti tahapan tes selanjutnya adalah sebanyak 3 kali formasi. Artinya, mahasiswa lulusan Administrasi Negara yang daftar di Kemenkeu Tahun 2014 dan lolos TKD serta berhak mengikuti Psikotest adalah sebanyak 33 orang saja. Padahal yang lolos passing grade ada 253 orang. Which means, setelah dilakukan perangkingan, yang berhak lolos ke tahap berikutnya adalah penyandang rangking 1-33. Yang lainnya? Tersisih walaupun nilai mereka memenuhi passing grade

Nilai TKD bisa langsung kalian ketahui pas kalian selese tes dan mengisi kuosioner. Sejam kemudian kalian langsung bisa liat rangking kelas yang ditempel di depan Gedung. Pas itu saya tes di Gedung Keuangan Yogyakarta di Jalan Kusumanegara No 11, Yogya. Saya menghimbau bagi kalian yang punya cita-cita jadi PNS, belajarlah sebaik-baiknya. Siapkan semuanya dengan baik, karena ini salah satu tes yang menentukan. Pas mau TKD, saya belajar siang-malem (sampe di tempat kerja pun bawa materi, tidur berbantal materi, makan sambil pegang materi) selama kurang lebih 2 minggu sebelum ujian. Tidak ada perjuangan yang sia-sia, setiap kerja keras pasti berbuah manis. Blajar kayak berasa mau UNAS dengan materi yang bikin mumet syekale karena saking banyaknya. Saya belajar pelajaran IPS SD dan SMP, UUD 1945, Bahasa Indonesia, Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, dan Logika. Saya lebih menekankan ke Wawasan Kebangsaan karena menurut saya itu yang paling susah karena gak bisa pake nalar, jawabannya ajeg.

Udahan dulu ya teman-teman. Besok lagi saya mau bagiin materi, contoh soal dan simulasi TKD menggunakan sistem CAT. Saya juga bakalan nerusin lagi tahapan-tahapan selanjutnya untuk Rekrutmen CPNS Kemenkeu. See you. ^^